Advertising

Adas, Bibit Tanaman Adas, Minyak Adas, Minyak Telon

 


Nama Produk: Adas
Jenis produk: Menyembuhkan Sakit perut, Kembung, Mual, Muntah, dan diare. 



Kerajaan:Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Apiales
Famili:Apiaceae
Genus:Foeniculum
Spesies:F. vulgare

Adas atau adas pedas (Foeniculum vulgare Miller, suku adas-adasan atau Apiaceae) telah lama dikenal sebagai salah satu komponen pengobatan tradisional. Minyak adas yang dikandung bijinya menjadi salah satu komponen minyak telon.
Adas berasal dari daerah Laut Tengah timur (Italia ke timur hingga Suriah).
Tumbuhannya berbentuk herba yang berbau harum, berwarna hijau terang, tegak, dan dapat mencapai dua meter tingginya. Daun tumbuh sehingga 40 sentimeter panjang, berbentuk pita, dengan segmen terakhir dalam bentuk rambut, kira-kira selebar 0,5mm. Bunga yang dihasilkan di ujung tangkai adalah bunga majemuk yang berdiameter 5 hingga 15cm. Setiap bagian umbel mempunyai 20-50 kuntum bunga kuning yang amat kecil pada pedikel-pedikel yang pendek. Buahnya adalah biji kering dari 4 hingga 9 milimeter panjang, dengan lebar separuh panjangnya, dan mempunyai alur. Bijinya yang dikeringkan dikenali sebagai biji adas.
Daun adas menjadi sumber makanan larva beberapa spesies Lepidoptera, seperti ngengat Amphipyra tragopoginis dan Papilio zelicaon.
Adas juga merupakan salah satu komoditi ekspor.

Adas merupakan jenis tanaman obat yang banyak digunakan di Indonesia. Minyak adas sering kita baca pada kemasan minyak telon. Tanaman adas berasal dari eropa selatan. Karena manfaatnya yang begitu banyak, budi daya adas justru banyak dilakukan dikawasan asia termasuk Indonesia. Adas menghasilkan minyak adas yang dibuat dari serbuk buah adas matang yang telah di suling. Ada dua rasa adas, yaitu pahit dan manis.
Adas memiliki banyak sekali kegunaan manusia. selain di pakai sebagi salah satu bahan pembuat minyak telon untuk bayi. Tanaman adas sering disandingkan dengan kulit batang tanaman pulosari pada setiap kesempatan pengobatan. Nah, berikut kita ulas juga tentang tanaman pulosari tersebut.
Manfaat dan Khasiat Adas:
Adas juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit antara lain sebagia berikut:
  • Sakit perut, Kembung, Mual, Muntah, dan diare.
  • Sakit Kuning dan sakit yang beranjak menjadi penyaki lever atau hati.
  • Menambah nafsu makan dan meningkatkan pengihatan.
  • Mengatasi batuk berdahak dan sesak nafas (asma).
  • Melacarkan Asih.
  • Meluruhkan protein berlebih didalam saluran seni.
  • Susah tidur atau insomnia.
  • Pembengkakan saluran seperma, penimbunan cairan di kantung buah zakar, dan hernia
  • Mengurangi rasa sakit akibat kencing batu.
  • Menghilangkan rematik, batuk, rasa haus yang berlebih.
  • Menghilangkan kercunan tumbuhan atau jamur.
Adas atau adas pedas (foeniculun vulgare miller, suku adas-adasan atau Apiaceae) telah lama dikenal sebagai salah satu komponen pengobatan tradisional. Minyak adas yang dikandung bijinya menjadi salah satu komponen minyak telon.